Minggu, 21 Oktober 2012

assembly part 2


BAHASA RAKITAN ALIAS ASSEMBLY LANGGUAGE  PART 2

PENTING... !!! sebelum ente membaca tulisan dibawah ini ente yakin sudah yakin memahami konsep elemen dari komputer. Oke gan??? 
 
Gan.... Konsep elemen komputer meliputi 3 jenis bilangan khusus pertama desimel,kedua biner,ketiga hexadesimal. Mengapa???? Karna bahasa rakitan akan mengunakan ketiga jenis bilangan diatas sebagai value data atau pengalamatan memori.karna memori dipanggil secara langsung maka akan lebih cepat eksekusinya serta berbeda dengan bahasa tingkat tinggi.
Nah secara singkat  saja tentang ketiga jenis bilangan diatas :

-         Pertama Biner

Bilangan biner berbasis 2,sehingga hanya terdiri dari 2 bilangan yaitu 0 dan 1,sistem komputer menggunakan bilangan ini sebagai representasi dari nilai 0V dan +5V.

Contoh konversinya sebgai berikut :
 11110101(2)=
1x27 + 1x26 + 1x25 + 1 x24 + 0 x 23 + 1 x 22 + 0 x 21 + 1 x 20 = 24510

-        Kedua hexadesimal

Bilangan ini  berbasis 16,terdiri dari 16 bilangan yaitu 0,1,2,3,4,5,6,7,8,9,A,B,C,D,E,F

Contohnya sebagai berikut :
3A16 = 3x161 + 10x160 = 5810

Untuk lebih lengkapnya silakan ente baca tentang jenis – jenis bilangan serta cara konversinya.
Selanjutnya langsung saja kebahasa rakitan,bahasa rakitan memiliki 4 tipe intruksi dasar yaitu mnemonic(opcode),operand 1,operan 2.

Contoh : mnemonic (opcode)   operand 1   operan 2  komentar
                MOV  AL, 02H = isikan 02H ke registri AL

Mmnemonic / opcode : intruksi yang akan melakukan aksi terhadap operand.
Operand : data yang diproses oleh opcode,sebuah opcode bisa terdiri dari 2 operand atau 1 operand.

Contohnya :  mnemonic (opcode)   operand 1     komentar
                JMP  MULAI ; LOMPAT KE LABEL MULAI



Untuk mencoba kita bisa mulai saja latihan bercoding,biasanya untuk penggunaan dalam berassembly adalah notepad,compiler.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar